0896-8354-4427

MacBook Air Dan MacBook Pro Serta Perbedaannya

Monday, January 13th 2014. | Uncategorized

ghk indexkj

Meskipun Apple tidak memberikan secara khusus atau persentasi perbandingan MacBook Pro dengan MacBook Air, tapi kami akan coba memberikan perbandingan antara ke dua MacBook ini. Perhatikan bahwa kita sedang fokus pada seri 13 inch untuk  model kedua komputer  ini.

MacBook Air

Dengan harga yang sama dengan MacBook Pro 13“, 1.199 USD (atau 1.499 USD), tak ayal seringkali menjadi pilihan yang membuat galau. Namun tentunya kalau kamu melirik MacBook Air 13”, pasti karena ukuran 11″ terlalu kecil untuk kamu. Untuk penggunaan komputasi sehari-hari, MacBook Air menjadi pilihan yang cocok. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah kapasitas penyimpanannya yang relatif terbatas (128GB/256GB). Walaupun bisa saja ditingkatkan di kemudian hari, namun harga SSD yang masih relatif mahal perlu dipertimbangkan. Selain itu, kapasitas RAM juga terbatas dalam hal fleksibilitas, tidak bisa ditambah. Tapi ya umumnya 4GB cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Ketiadaan SuperDrive untuk saat ini tidak lagi menjadi masalah. Penggunaan kepingan optik hampir jarang ditemui lagi. Namun, kalau memang kamu cukup intens menggunakan kepingan optik, pertimbangkan untuk membeli SuperDrive eksternal. Atau, kalau tidak mau repot membawa SuperDrive eksternal, pilih MacBook Pro.

Begitu juga dengan port Ethernet, absen di produk ini. Koneksi akan mengandalkan Wi-Fi. Kalau ternyata akan banyak menggunakan jaringan LAN dengan kabel, perlu mempertimbangkan antara memasang access point atau menggunakan adapter USB-Ethernet. Resolusi layarnya sedikit lebih tinggi dibandingkan MacBook Pro, 1440×900 piksel.

Satu hal lagi. Kalau berminat untuk mengunakan MacBook Air untuk presentasi, perlu diketahui bahwa MacBook Air tidak bisa digunakan dengan remote infra-merah Apple. Jadi harus menggunakan solusi remote pihak ketiga, atau menggunakan iPhone atau iPad via wifi.

MacBook Pro

Traditionalist yang masih membutuhkan SuperDrive, port Firewire, dan port Ethernet akan memilih MacBook Pro. Prosesor yang lebih gegas tentunya cocok untuk penggunaan kelas berat oleh power user dan kaum profesional. Plus, kapasitas RAM yang bisa ditingkatkan hingga 16GB. Dan tak lupa harddisk yang lebih lega (500GB/750GB). Tapi walaupun sama-sama 13 inci, resolusi layarnya lebih rendah jika dibandingkan MacBook Air, yakni hanya 1280×800 piksel.

Sebagai bayarannya, kamu akan dibebani dengan tambahan 710 gram. Kalau berat tidak menjadi masalah, MacBook Pro cocok buat kamu. Apalagi kalau kamu masih hobi nonton DVD, dengan tambahan remote infra-merah akan lebih nyaman untuk nonton.

Perbedaan MacBook Pro Dan MacBook Air


Meskipun Apple tidak memberikan secara khusus atau persentasi perbandingan MacBook Pro Retina Display dengan MacBook Air, tapi kami akan coba memberikan perbandingan antara ke dua MacBook ini. Perhatikan bahwa kita sedang fokus pada seri 13 inch untuk  model kedua komputer  ini.

Ukuran MacBook Pro Retina Display vs MacBook Air

macbook-pro-retina-vs-macbook-air-ukuran

Jika Anda ingin mencari perbedaan MacBook Pro Retina Display vs MacBook Air dari segi ukuran, maka tidak ada perbedaan besar dalam ukuran, tetapi MacBook Air mempertahankan kelebihannya sebagai laptop tertipis Apple. Mengukur titik paling tebal dari keduanya, MacBook Pro sekitar 10 persen lebih tebal dari MacBook Air.

Hanya saja MacBook  Air sedikit lebih panjang dan lebih lebar, sehingga MacBook Pro akan lebih nyaman untuk di bawa ke dalam ransel Anda.

Berat MacBook Pro Retina Display vs MacBook Air

macbook-pro-retina-vs-macbook-air-berat

MacBook Air lebih ringan, tapi tidak dengan perbandingan yang terlalu mencolok. MacBook Pro RD lebih berat 20% dari MacBook Air.

Layar MacBook Pro Retina Display vs MacBook Air

macbook-pro-retina-vs-macbook-air-layar

Di sinilah MacBook Pro dengan Retina Display memperlihatkan kelebihannya yang nyata di banding MacBook Air.

Prosesor MacBook Pro Retina Display vs MacBook Air

macbook-pro-retina-vs-macbook-air-prosesor

Retina MacBook Pro juga memiliki chip Core i5 Intel lebih cepat di banding MacBook Air, dengan model 256 GB clock lebih tinggi dari versi GB 128.

Graphics MacBook Pro Retina Display vs MacBook Air

macbook-pro-retina-vs-macbook-air-graphics

Kedua MacBook telah terintegrasi Intel HD Graphics 4000, jadi tidak ada perbedaan dari segi graphics di antara kedua MacBook ini.

RAM MacBook Pro Retina Display vs MacBook Air

macbook-pro-retina-vs-macbook-air-ram

Dalam konfigurasi standar, MacBook Pro unggul 2x lipat dari MacBook Air.

Memori MacBook Pro Retina Display vs MacBook Air

macbook-pro-retina-vs-macbook-air-memori

Opsi-opsi penyimpanan standar tidak ada yang berbeda, keduanya ada pada 128 GB dan 256 GB.Kedua telah mengusung memori (SSD).

Batterai MacBook Pro Retina Display vs MacBook Air

macbook-pro-retina-vs-macbook-air-batterai

MacBook Pro Retina Display memiliki baterai yang lebih tinggi kapasitasnya, tapi itu juga telah di sesuaikan dengan layar, yang bisa menggunakan kekuatan baterainya dengan hampir tiga juta piksel ekstra. Jadi Apple mengiklankan tujuh jam yang sama penggunaan web untuk kedua komputer, meskipun itu hanya bisa bertahan lima jam lebih dengan penggunaan ekstra.

Wireles MacBook Pro Retina Display vs MacBook Air

macbook-pro-retina-vs-macbook-air-wifi

Tak ada perbedaan yang terjadi pada koneksi Wi-fi dari keduanya. Standar Wi-Fi dan pilihan Bluetooth pada kedua perangkat sama saja.

Harga MacBook Pro Retina Display vs MacBook Air

macbook-pro-retina-vs-macbook-air-harga

MacBook Air lebih murah, tapi tidak sebanyak dulu lagi. Penurunan harga Pro Retina membuat harga keduanya tidak beselisih terlalu jauh lagi, jika di Indonesia, Harga MacBook Air Rp.11.600.000 sedangkan untuk MacBook Pro Retina Display Rp.15.400.000.

Ringkasan

Apple memasarkan MacBook Pro untuk profesional, sementara MacBook Air adalah tingkat konsumen menengah. Anda mungkin harus lebih bijak sebelum menentukan untuk memilih salah satu dari keduanya yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk mengunjungi web kami di. jualbelilaptopbekas.com

Trimakasih

Artikel lain MacBook Air Dan MacBook Pro Serta Perbedaannya